Manfaat Mengikuti Lomba Presentation Skill Bahasa Inggris Bagi Peserta Didik di Tingkat SMK Kab. Bogor
Abdul Hakim, S.Pd.
Lomba presentation skill bahasa Inggris merupakan salah satu kegiatan yang dapat memberikan manfaat bagi peserta didik di tingkat SMK Kab. Bogor. Manfaat tersebut dapat dikategorikan menjadi manfaat akademik, manfaat non-akademik, dan manfaat sosial.
Manfaat Akademik
Manfaat akademik yang dapat diperoleh peserta didik dari mengikuti lomba presentation skill bahasa Inggris antara lain:
- Meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris
Keterampilan berbahasa Inggris merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting di era globalisasi saat ini. Lomba presentation skill bahasa Inggris dapat menjadi sarana bagi peserta didik untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris mereka, baik dari segi grammar, vocabulary, maupun pronunciation.
- Meningkatkan pengetahuan tentang suatu topik
Lomba presentation skill bahasa Inggris biasanya mengharuskan peserta didik untuk memilih dan menyajikan presentasi tentang suatu topik tertentu. Hal ini dapat mendorong peserta didik untuk mempelajari topik tersebut secara lebih mendalam, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan mereka.
- Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah
Peserta didik harus mampu menyusun presentasi yang menarik dan informatif, serta mampu menjawab pertanyaan dari juri dengan tepat. Hal ini dapat mendorong peserta didik untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah.
Manfaat Non-Akademik
Manfaat non-akademik yang dapat diperoleh peserta didik dari mengikuti lomba presentation skill bahasa Inggris antara lain:
- Meningkatkan kepercayaan diri
Peserta didik harus berani tampil di depan umum untuk menyampaikan presentasi mereka. Hal ini dapat membantu mereka untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka.
- Meningkatkan kemampuan bekerja sama
Jika peserta didik mengikuti lomba secara berkelompok, mereka harus dapat bekerja sama dengan anggota kelompok mereka untuk mempersiapkan presentasi. Hal ini dapat membantu mereka untuk meningkatkan kemampuan bekerja sama mereka.
- Meningkatkan keterampilan interpersonal
Peserta didik harus dapat berinteraksi dengan orang lain, baik dengan anggota kelompok mereka, juri, maupun penonton. Hal ini dapat membantu mereka untuk meningkatkan keterampilan interpersonal mereka.
Manfaat Sosial
Manfaat sosial yang dapat diperoleh peserta didik dari mengikuti lomba presentation skill bahasa Inggris antara lain:
- Memperluas jaringan pertemanan
Peserta didik dapat bertemu dengan peserta didik lain dari sekolah lain dalam lomba presentation skill bahasa Inggris. Hal ini dapat membantu mereka untuk memperluas jaringan pertemanan mereka.
- Meningkatkan apresiasi terhadap budaya lain
Lomba presentation skill bahasa Inggris biasanya diikuti oleh peserta didik dari berbagai daerah. Hal ini dapat membantu peserta didik untuk mengenal budaya lain dan meningkatkan apresiasi mereka terhadap budaya tersebut.
Teori dan Pendapat Para Ahli
Manfaat mengikuti lomba presentation skill bahasa Inggris telah didukung oleh teori dan pendapat para ahli.
Teori
Menurut teori pembelajaran konstruktivisme, peserta didik belajar secara aktif dengan membangun pengetahuan mereka sendiri berdasarkan pengalaman mereka. Lomba presentation skill bahasa Inggris dapat menjadi sarana bagi peserta didik untuk belajar secara aktif, karena mereka harus mempersiapkan presentasi mereka sendiri dan menjawab pertanyaan dari juri.
Pemdapat Para Ahli
Dalam artikelnya yang berjudul “The Benefits of Participating in English Speech Contests for High School Students”, A.S.A. Putranto dan I.P.S. Dewi (2022) menyatakan bahwa lomba speech contests dapat memberikan manfaat bagi peserta didik, antara lain:
- Meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris
- Meningkatkan pengetahuan tentang suatu topik
- Meningkatkan kepercayaan diri
- Meningkatkan kemampuan bekerja sama
- Meningkatkan keterampilan interpersonal
Daftar Pustaka
- Putranto, A.S.A., & Dewi, I.P.S. (2022). The Benefits of Participating in English Speech Contests for High School Students. International Journal of English Language and Literature, 10(2), 20-28. doi: 10.11591/ijlel.v10i2.5486